ditransfer

Penyakit Menular Seksual dan Apa yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit menular seksual atau IMS adalah infeksi yang dapat ditransfer dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual. Di Amerika Serikat, ada sekitar 19 juta kasus STD baru setiap tahun, menurut Center for Disease Control (CDC). Hampir setengahnya adalah anak muda berusia 15 hingga 24 tahun.

PMS diperkirakan akan membebani sistem kesehatan AS $ 15,9 miliar per tahun. PMS tetap merupakan masalah kesehatan yang mendesak. Berikut adalah 6 hal yang harus Anda ketahui tentang PMS Penyakit kelamin.

1. PMS yang tidak diobati dapat mengakibatkan konsekuensi kesehatan jangka panjang yang serius, terutama untuk remaja perempuan dan perempuan muda. PMS yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati menyebabkan infertilitas pada setidaknya 24.000 wanita di AS setiap tahun.

2. Chlamydia tetap menjadi STD yang paling sering dilaporkan di A.S. Lebih dari 1,1 juta kasus dilaporkan pada tahun 2008. Chlamydia disebabkan oleh bakteri Clamydia trachomatis. Ini disebut penyakit bisu karena tiga perempat wanita yang terinfeksi dan setengah dari pria yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala. Tetapi komplikasi serius dapat menyebabkan kerusakan permanen, seperti infertilitas. Berita baiknya adalah klamidia dapat dengan mudah diobati dan disembuhkan dengan antibiotik.

3. Cara paling pasti untuk mencegah agar tidak terinfeksi PMS adalah dengan tidak melakukan hubungan seks. Tetapi jika Anda sudah aktif secara seksual atau berencana untuk melakukan hubungan seks, pastikan pasangan Anda memiliki tagihan kesehatan yang bersih dan tidak berhubungan seks dengan orang lain selain Anda. Menggunakan kondom akan mengurangi risiko terkena PMS seperti gonore atau herpes genital, jika digunakan dengan benar. Mencuci, buang air kecil atau mandi setelah berhubungan seks tidak akan mencegah seseorang terkena PMS.

4. Genital human papilloma virus (HPV) adalah PMS yang paling umum ditularkan di AS. Setidaknya 50 persen orang yang aktif secara seksual akan menderita HPV pada suatu waktu. HPV ditularkan melalui kontak genital. Tidak ada obat untuk HPV, meskipun ada perawatan untuk kondisi medis serius yang disebabkan oleh HPV, seperti kutil kelamin dan kanker serviks. Infeksi biasanya hilang dengan sendirinya.

5. Seorang wanita hamil masih bisa mendapatkan PMS. Dia juga bisa menularkannya kepada bayinya. PMS dapat menyebabkan seorang wanita mengalami persalinan prematur. Wanita hamil harus dites untuk IMS segera setelah mereka mengetahui bahwa mereka hamil.

6. Penyakit radang panggul (PID) adalah komplikasi serius yang disebabkan oleh PMS seperti klamidia dan gonore. Gejalanya adalah rasa sakit di perut bagian bawah, demam, keluarnya cairan yang tidak biasa dan berbau dari vagina Anda, rasa sakit saat Anda melakukan hubungan seksual, dan pendarahan di antara menstruasi. PID dapat diobati secara efektif dengan antibiotik jika diketahui lebih awal. Jika tidak diobati, PID dapat menyebabkan jaringan parut di dalam rahim dan organ reproduksi lainnya. Ini dapat menyebabkan infertilitas, kehamilan ektopik, dan nyeri pada panggul.

Setiap orang yang aktif secara seksual atau berencana untuk aktif secara seksual harus mewaspadai PMS. Gadis remaja dan wanita muda yang paling rentan terhadap penyakit menular seksual harus sangat berhati-hati saat berhubungan seks dan memilih pasangan seksual mereka. Mereka harus selalu menggunakan kondom dan secara teratur diperiksa untuk PMS. Jika Anda mengalami gejala PMS apa pun, segera kunjungi dokter. Semakin dini IMS didiagnosis, semakin baik untuk perawatan pasien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *